Belum Dirilis Resmi Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro Sudah Bocor

Posted on

Belum Dirilis Resmi Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro Sudah Bocor – Huawei sudah mengumumkan tanggal peluncuran smartphone flagship terbarunya, Huawei Mate 40 Series. Ya! Smartphone tersebut akan diperkenalkan secara resmi pada tanggal 22 Oktober 2020. Salah satu model yang akan diperkenalkan adalah Huawei Mate 40 Pro.

Belum Dirilis Resmi Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro Sudah Bocor

Beberapa minggu belakangan ini ada bocoran terbatas dan beberapa mungkin terbukti tidak akurat. Namun, kumpulan info terbaru mengenai Mate 40 Pro yang cukup menarik datangnya dari Roland Quandt. Seperti yang kita sudah tahu bersama, Roland adalah informan yang paling akurat di dunia gadget.

Disebutkan oleh Roland bahwa smartphone ini akan punya sisi melengkung untuk layar dan bagian sampingnya. Dirancang seperti itu tujuannya adalah untuk menghilangkan bezel samping saat pengguna menatap langsung layarnya. Mate terbaru akan lebih melengkung daripada P40 Pro, tetapi tanpa mengorbankan tombol samping.

Layarnya diperkirakan akan memiliki ukuran 6,76 inci, yang terbesar dalam seri ini dan akan sedikit lebih tajam dengan kepadatan piksel 456 ppi, berkat resolusi layar 1.344 x 2.772 piksel. Sayangnya, Roland tidak menyebutkan refresh rate yang dimiliki oleh layar smartphone ini. Namun diperkirakan refresh rate layarnya adalah 90Hz.

Bocoran yang dibagikan oleh Roland juga mematahkan render awal yang juga sudah dibagikan di internet. Dikatakan bahwa smartphone ini tidak dibekali lensa periskop dan sebagai gantinya ada lensa telefoto klasik 12 MP dengan zoom optik 5x dan akan menggunakan panjang fokus 125 mm.

Perubahan menarik lainnya adalah Laser Autofokus akan dipasangkan dengan sensor kedalaman optik

Ini akan digunakan untuk meningkatkan fokus otomatis, meskipun belum jelas caranya seperti apa. Juga akan ada sensor kedalaman di bagian depan, berbagi punch-hole berbentuk pil dengan selfie-camera 13 MP.

Kamera utama akan memiliki sensor 50 MP dengan aperture f/1.9. Dan dukungan optical image stabilization alias OIS. Kamera utamanya ini mampu merekam video 8K dan Huawei juga menyelipkan. LED flash dual-tone dan sensor warna cahaya sekitar untuk rendering warna yang lebih baik. Kamera ketiga adalah ultra-wide 20MP f/1.8.

Menyinggung dapur pacunya, Roland menyakini bahwa Mate 40 Pro akan ditenagai oleh Kirin 9000. Ini adalah chipset yang dikembangkan oleh Huawei dengan fabrikasi 5 nm dan sudah dibekali fitur modem 5G yang terintegrasi. Namun, chipset ini mungkin hanya di bawah 6 GHz.

Bagaimanapun, CPU dari chipset tersebut akan menggunakan satu inti Cortex-A77 sebagai inti utama yang memiliki clock speed 3,13 GHz dan tiga inti Cortex-A77 yang berjalan pada clock speed 2,54 GHz, ditambah empat inti kecil Cortex-A55 dengan clock speed 2,04 GHz.

Sementara itu, untuk mendongkrak sektor grafisnya

Huawei telah mengintegrasikan GPU ARM Mali-G78 ke dalam Kirin 9000. Seperti yang sudah beredar di internet dari tolok ukur awal, Kirin 9000 mampu menyalip Snapdragon 865+ dalam hal kinerja grafis.

Di pasar Eropa yang sedang dijajaki secara berkesinambungan oleh Huawei dikabarkan bahwa Mate 40 Pro akan hadir dengan RAM 8 GB serta penyimpanan internal 256 GB dengan teknologi UFS 3.1. Tak kalah mengejutkan adalah varian 12 GB yang akan dipasarkan di Cina. Penyimpanannya dapat diperluas melalui kartu Nano Memory.

Sudah barang tentu, Mate terbaru akan melampaui semua model smartphone flagship Huawei sebelumnya. Kabarnya, Mate 40 Series, termasuk Mate 40 Pro akan punya pengisian cepat 65W via kabel. Kapasitas baterainya adalah 4.400 mAh, jadi hampir sama dengan tahun lalu.

Pengisian daya nirkabel (termasuk reverse charging) masih tetap disematkan, meskipun belum ada informasi yang valid mengenai kecepatannya. Mate 40 Pro akan meluncur dengan antarmuka MIUI 11 berbasis Android 10, yang dipasangkan dengan Huawei Media Services (HMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *