Kamera iPhone 12 Pro Diuji DxOMark Hasilnya

Posted on

Kamera iPhone 12 Pro Diuji DxOMark Hasilnya – DxOMark baru saja menerbitkan ulasan mengenai kamera iPhone 12 Pro. Hasilnya, salah satu model iPhone terbaru ini hanya menuai peningkatan yang kecil jika dibandingkan iPhone 11 Pro Max yang dirilis tahun lalu. Ya! Hanya berbeda empat poin dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max.

Kamera iPhone 12 Pro Diuji DxOMark Hasilnya

Secara keseluruhan, DxOMark memberikan skor 128 poin, yang akhirnya menempatkan iPhone 12 Pro di peringkat keempat bersama dengan Mi 10 Pro dari Xiaomi. Dibandingkan dengan smartphone unggulan terbaru dari Huawei, yakni Mate 40 Pro, jelas iPhone 12 Pro kalah telak. Bedanya mencapai delapan poin.

Seperti yang sudah diuraikan oleh Apple saat memperkenalkan iPhone 12 Pro bahwa smartphone tersebut punya dukungan tiga kamera dengan sensor yang sama, yakni 12 MP. Ada lensa utama setara 26mm dengan aperture f/1.6 dan dukungan OIS.

Lensa utama tersebut bersanding dengan lensa ultra-wide setara 13mm dengan aperture f/2.4 serta modul kamera telefoto dengan aperture f/2.0 dan OIS. Satu tambahan baru di tahun ini adalah sensor LiDAR yang digunakan untuk pengindraan kedalaman.

DxOMark mengakui bahwa iPhone 12 Pro tampil mengagumkan di semua sektor yang diuji. Dikatakan, kinerja fokus otomatisnya sangat konsisten, mampu menghasilkan warna yang akurat, dan mampu menghasilkan gambar yang detail sebagai poin terkuatnya.

Sementara itu, DxOMark juga menilai bahwa detail bidikan dalam ruangan diproses dengan cukup baik dan eksposurnya tepat di seluruh foto yang dihasilkan. Bidikan malam hari juga tepat dengan eksposur solid meskipun noise terlihat jelas dan detail cenderung berkurang.

Dynamic range bukanlah poin yang kuat dan sensor telefoto berjuang dengan tugas yang lebih berat saat melakukan zoom lebih jauh. Performa lensa ultra-wide juga dikatakan punya kinerja yang bagus, tetapi detailnya memang tertinggal di belakang smartphone flagship lainnya.

Lalu, bagaimana penilaian DxOMark ketika iPhone 12 Pro dipakai untuk merekam video? Sekali lagi, DxOMark mengakui bahwa fokus otomatis jadi poin yang sangat kuat dengan hasil video yang luar biasa. Pencahayaan dan akurasi warna yang dhasilkan juga terlihat sangat luar biasa.

Selain itu, stabilisasi dan detail sangat tepat, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang redup. Dynamic range yang begitu lebar adalah poin kuat lainnya. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai ulasan iPhone 12 Pro yang dibuat oleh DxOMark, kalian bisa mengakses tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *