Kesan Pertama Menggenggam Poco X3

Posted on

Kesan Pertama Menggenggam Poco X3 -Xiaomi resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Poco X3 NFC di Indonesia pada pertengahan Oktober. Digadang-gadang sebagai “The Mid-Range Killer”, Poco X3 NFC menawarkan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau. Ponsel yang dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 732G ini hadir dengan dua opsi RAM dan storage, yakni 6 GB/64 GB yang di jual dengan harga Rp 3,2 juta dan varian 8 GB/128 GB sebesar Rp 3,5 juta.

Kesan Pertama Menggenggam Poco X3

Kotak penjualan dan tampilan depan Poco X3 NFC

Xiaomi telah melakukan penjualan perdana lewat flash sale Poco X3 NFC pada Kamis. Namun, pencinta brand Poco di Indonesia masih bisa mendapatkan ponsel ini melalui gerai offline Mi Store atau lewat sesi flash sale tambahan hari ini. Apabila Anda berencana membeli Poco X3 NFC, tidak ada salahnya melihat dulu bagaimana wujud dan spesifikasi Poco X3 NFC.

Kotak kemasan didominasi dengan warna hitam dengan tulisan berwarna kuning, mirip dengan Poco X2. Pada bagian tengah kemasan, terdapat tulisan “X3 NFC”. Pada bagian belakang, tertera informasi singkat berupa sejumlah keterangan spesifikasi.

Dalam kotak penjualan, pembeli akan mendapat satu buah unit ponsel Poco X3 NFC beserta beberapa aksesori yang terdiri dari case transparan, charger, USB Type-C, buku petunjuk, dan kartu garansi. Seperti biasa, tidak ada earphone yang disertakan dalam kotak pembelian. Desain Bodi Poco X3 NFC dibalut dengan bahan bahan plastik polikarbonat. Ketika terkena pantulan cahaya, bagian punggung ponsel ini akan menghasilkan efek mengilap seperti kaca.

Jika dilihat dari kejauhan, ada kesan premium yang muncul. Namun, ketika digenggam, bahan plastiknya terasa licin. Ponsel ini rentan untuk terselip ketika digenggam oleh tangan yang berkeringat. Selain itu, bagian punggung ponsel ini juga dapat dengan mudah menimbulkan jejak sidik jari. Pengguna sangat disarankan untuk menggunakan softcase yang tersedia dalam kotak kemasan.

Pada bagian punggung ponsel, terdapat “Poco” dengan ukuran yang cukup besar

Poco X3 NFC ketika digenggam

Tulisan tersebut terlihat cukup dominan pada bagian belakang. Pengguna bisa menutupi tulisan itu dengan softcase. Sebagai informasi, Poco X3 NFC hadir dengan dua varian warna yakni Shadow Grey (abu-abu) dan Cobalt Blue (biru). Unit Poco X3 NFC yang KompasTekno coba adalah warna Cobalt Blue.

Jika melihat sekeliling ponsel, sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari. Permukaan pemindai sidik jari ini terasa lebih kasar ketika disentuh. Di sisi lainnya terdapat laci kartu SIM berjenis hybrid. Dengan demikian pengguna harus memilih memasang dua SIM Card sekaligus atau satu SIM Card dengan satu memori eksternal. Pada bagian bawah, pengguna akan mendapati lubang speaker, port USB Type-C, mikrofon, dan lubang jack 3.55 mm. Layar Poco X3 NFC dibekali layar seluas 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Meski tergolong sebagai ponsel kelas menengah, Poco X3 NFC sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, Poco X3 NFC dapat menghasilkan pergerakan gambar di layar yang lebih mulus pada angka refresh rate 120 Hz. Dengan layar seluas ini, Poco X3 NFC lebih nyaman digenggam dengan dua tangan. Jika hanya digunakan dengan satu tangan, butuh usaha lebih agar jari bisa menjangkau seluruh permukaan layar.

Pada bagian atas layar, terdapat sebuah punch-hole alias lubang yang memuat kamera depan beresolusi 20 MP (f/2.2)

Bagian punggung Poco X3 NFC dihuni oleh modul kamera dan logo Poco

Desain layar Poco X3 NFC ini terlihat premium. Pasalnya, desain layar dengan punch-hole ini cukup banyak diadopsi ponsel kelas atas semisal Samsung Galaxy S20 Series. Selain kamera selfie 20 MP, Poco X3 NFC dibekali empat kamera belakang di bagian punggung dan satu buah lampu flash. Keempat kamera tersebut dibungkus dalam sebuah modul. Bentuk dari modul kamera Poco X3 NFC ini terlihat unik dan beda dengan ponsel lain.

Terdapat pola lingkaran yang menjadi wadah dari modul tersebut. Sementara keempat kamera yang terdapat di dalam modul terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.89) dengan sensor Sony IMX 682, kamera ultra-wide angle 13 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Kamera utamanya dilengkapi dengan teknologi EIS (Electronic Image Stabilization). Yang mampu merekam gambar dengan lebih stabil.

Kamera Poco X3 NFC mampu merekam gambar dengan resolusi hingga 4K 30 fps. Kamera tersebut turut dibekali sejumlah fitur untuk mendukung fotografi, seperti Smooth Video Zoom, Focus Peaking, serta teknologi AI Skyscaping 3.0. Poco X3 NFC dibekali dengan chipset Snapdragon 732G. Chipset ini merupakan peningkatan dari Snapdragon 730G yang juga banyak digunakan pada smartphone kelas menengah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *