Netflix Lemot di IndiHome Pelanggan Duga Koneksi Dicekik

Posted on

Netflix Lemot di IndiHome Pelanggan Duga Koneksi Dicekik – Sejumlah pelanggan IndiHome mengeluhkan beberapa masalah saat mengakses Netflix lewat penyedia layana internet (ISP) milik Telkom Group itu. Akses Netflix lewat IndiHome dikeluhkan lemot atau lambat akhir-akhir ini, dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Hal ini pun membuat pelanggan menduga akses Netflix “dicekik” oleh IndiHome.

Netflix Lemot di IndiHome Pelanggan Duga Koneksi Dicekik

ilustrasi Netflix dan YouTube

Ada pula pengguna yang mengaku sering mengalami buffering tiap beberapa menit sekali atau resolusi videonya menurun, sehingga gambar pecah-pecah. Seperti yang dialami salah satu pengguna IndiHome, Ariesa. Kalau IndiHome loading resolusi HD bisa hampir 15 menitan, sering buffering juga,” kata Ariesa kepada KompasTekno. Bahkan, ada pula yang mengaku tidak bisa membuka Netflix lewat browser. Keluhan itu disampaikan pengguna IndiHome @_matarx di Twitter.

Namun, beberapa jawaban dari layanan konsumen meminta pengguna untuk menginformasikan kendalanya lewat pesan langsung (DM), jawaban standar yang memang sering digunakan jika ada kendala koneksi. KompasTekno juga menjajal mengakses Netflix lewat jaringan IndiHome. Namun nampaknya kendala ini tidak merata. Beberapa pengguna memang mengalami akses yang lambat dan sering terjadi buffering. Namun ada pula yang tidak mengalami masalah tersebut, hanya resolusinya yang turun.

KompasTekno telah menghubungi Telkom Group untuk meminta penjelasan akan hal ini. Belum ada respons dari Telkom Group saat berita ini ditayangkan. Informasi akan diperbarui setelah pihak Telkom memberikan penjelasan. Seperti diketahui, Telkom dan Netflix “berdamai” pada Juli lalu, setelah sejak tahun 2016, Telkom memblokir akses Netflix.

Namun, perdamaian itu menyisakan kerikil. Beberapa waktu lalu, Telkom Group menyinggung konsumsi bandwidth yang besar setelah banyak penggunanya mengakses Netflix. Sebab, Netflix membutuhkan akses ke luar Indonesia dengan bandwidth yang terus membesar dan mendominasi, sehingga berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan ke pengakses Netflix maupun pengguna konten internet lainnya. Apalagi, di saat pandemi akses platform video konferensi juga meningkat.

Mengingat sekolah masih memberlakukan belajar di rumah, dan sebagain kantor masih memberlakukan bekerja dari rumah. Oleh karena itu, Telkom mengimbau Netflix untuk bersedia menempatkan kontenya di Indonesia, melalui layanan Content Delivery Network (CDN) milik Telkom Group yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. “Hal ini dilakukan demi kepentingan pelanggan, agar dapat menikmati seluruh layanan konten, termasuk.

Netflix dengan nyaman dan berkualitas,” kata Vice President Corporate Communication Telkom Arief Prabowo, dirangkum dari Kontan. Arif mengatakan banyak penyedia konten luar negeri yang masuk ke pasar Indonesia, umumnya telah menempatkan kontennya di Indonesia lewat layanan CDN sehingga masyarakat bisa mengakses dengan kecepatan dan kualitas tinggi. Namun, belum diketahui apakah lambatnya akses Netflix ini ada hubungannya dengan sengketa bisnis Netflix dengan IndiHome ini atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *