Pacu Pro-kontra, Ubisoft Menghilangkan Simbol Black Fist Di Tom Clancy’s Elite Squad

Posted on

Mereka menghilangkan simbol Black Fistnya.
Simbol memang miliki fungsi yang mengagumkan untuk representasikan satu figur, barisan, golongan, atau perusahaan. Lewat satu simbol, karena itu misi serta visi dari mereka dapat tersampaikan dengan cara baik. Entahlah itu tersurat atau terbersit. Tetapi, cukup banyak simbol yang pacu pro-kontra jika diterbitkan di sejumlah negara. Sama seperti yang dirasakan oleh Ubisoft berikut.

Sama seperti yang sudah kita kenali, beberapa waktu lalu, Ubisoft resmi memberitahukan jika game mobile kepunyaannya, Tom Clancy’s Elite Squad pada akhirnya dikeluarkan di pasar. Tetapi kelihatannya ada pro-kontra yang berlangsung pada simbol Black Fist untuk representasikan barisan antagonis yang perlu player musuh.

Pacu Pro-kontra, Ubisoft Menghilangkan Simbol Black Fist Di Tom Clancy’s Elite Squad

Black Fist adalah simbol yang dipakai oleh pergerakan kemampuan orang kulit hitam atau Black Power movement di akhir tahun 1960 sampai 1970-an. Pergerakan itu kehendaki kekerasan untuk membalas dominasi orang kulit putih di Amerika Serikat. Simbol ini sempat ada waktu pergerakan perduli nyawa orang kulit hitam atau Black Lives Matter belakangan ini.

Dalam Tom Clancy’s Elite Squad, simbol itu representasikan satu barisan namanya UMBRA, satu organisasi tanpa ada muka yang ingin mengaplikasikan memahami Egalitarianisme. Satu memahami dimana seorang harus diperlakukan sama pada dimensi agama, politik, ekonomi, sosial, serta budaya.

Sayangnya langkah UMBRA untuk menyuntikkan memahami itu dalam Tom Clancy’s Elite Squad dengan tindakan terorisme serta hacking media sosial dibalik layar.

Ketahui jika simbol Black Fist dipakai untuk representasikan UMBRA di trailer gamenya. Beberapa fans langsung beri kritikan yang benar-benar pedas pada Ubisoft. Serta senior programmer dari Massive Entertainment atau Ubisoft Massive (Tom Clancy’s The Seksion Series), Olafur Waage menjelaskan jika hal itu benar-benar menjijikkan serta mengharap dia tahu terlebih dulu sebelum diterbitkan.

Kritikan itu pada akhirnya dibalas oleh developer sekaligus juga penerbit/publisher asal Perancis itu dengan hilangkan Black Fist dari perjumpaan Tom Clancy’s Elite Squad. Mereka janji akan meniadakan simbol itu di update setelah itu pada tanggal 1 September 2020 untuk Android. Sesaat untuk versi iOSnya mereka cuma dapat menjelaskan utnuk menghapusnya secepat-cepatnya.

Tom Clancy’s Elite Squad adalah game RPG 5v5 dengan beberapa karakter dari seri Tom Clancy’s. Gamenya sekarang ini bisa dimainkan dengan gratis di Android atau iOS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *