Pesan Lintas Platform Instagram dan FB Messenger Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Posted on

Pesan Lintas Platform Instagram dan FB Messenger Sudah Bisa Dicoba di Indonesia – Beberapa waktu lalu, Facebook Inc. mulai mengintegrasikan aplikasi Messenger dan Instagram yang berada di bawah naungannya. Dengan integrasi tersebut, pengguna Instagram dan Facebook Messenger bisa bertukar pesan lintas platform. Pengguna Instagram bisa mengirim direct message kepada pengguna FB Messenger, begitu pula sebaliknya. Kini, integrasi tersebut sudah bisa dicoba di Indonesia.

Pesan Lintas Platform Instagram dan FB Messenger Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

integrasi antara Instagram dengan Facebook Messenger

Sejumlah pengguna Instagram yang “beruntung” akan mendapatkan sebuah notifikasi berbunyi “memperkenalkan pesan lintas aplikasi”. “Anda sekarang bisa mengirim pesan kepada orang yang memiliki akun Facebook dan mereka bisa mencari dan mengirimi Anda pesan juga,” begitu bunyi keterangan notifikasi tersebut.

Bagi pengguna yang sudah mendapat fitur ini, bisa menemukan menu Pusat Akun (Account Centre) di laman setting di aplikasi Instagram, Facebook, dan Messenger. Kali ini KompasTekno akan menjajal di aplikasi Instagram. Setelah membuka laman setting, kemudian pilih menu Pusat Akun. Kemudian, pilih menu akun & profil untuk menghubungkan akun antar aplikasi. Setelah terhubung, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa mengirim pesan dan melihat postingan mereka.

Jika sudah terhubung, logo direct message (DM) di Instagram yang semula berikon pesawat kertas akan berubah menjadi logo Messenger. Selain itu, ada pula menu “Logging in Accross Accounts” yang bisa digunakan untuk masuk ke Facebook, Instagram, dan Messenger dengan mudah. Asalkan pengguna telah menghubungkan ketiga akun tersebut. Selain untuk menu ini juga bisa digunakan untuk masuk dan memulihkan akun.

Kendati terintegrasi, laman Accounts Center dipastikan tidak bakal menyeragamkan nama dan foto profil pengguna di ketiga platform tersebut secara default. Kemungkinan besar, fitur ini belum tersedia bagi semua pengguna Instagram. Facebook akan menggulirkannya secara bertahap. Kabar soal ambisi Facebook yang ingin mengintegrasikan seluruh aplikasi di bawah naungannya sudah terdengar lama.

Kendati banyak pro-kontra, CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg tetap mewujudkannya. “Kami ingin membangun pengalaman berkirim pesan terbaik yang kami bisa, orang-orang ingin berkirim pesan dengan cepat, sederhana, bisa diandalkan, dan private,” tulis pernyataan Facebook.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *