Usaha untuk mengadakan konektivitas 5G di Indonesia, beberapa langkah semakin maju dibandingkan awalnya. Seperti dijumpai, Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah umumkan peserta yang bisa lolos lelang frekwensi 2,3 GHz meliputi Smartfren, Telkomsel dan Tri Indonesia. Frekwensi tersebut didistribusikan dan bisa dipakai operator untuk mengadakan konektivitas 5G.

Smartfren memperoleh pita frekwensi blok A dengan keseluruhan 8 bentang frekwensi. Menyikapi informasi itu, Smartfren merencanakan untuk lebih konsentrasi pada peluasan jaringan di beberapa daerah penjuru.

“Kami akan pakai frekwensi ini untuk memperlebar jaringan ke beberapa daerah baru yang sekarang ini belum mendapatkan peluang nikmati service Smartfren. Disamping itu, pasti dipakai untuk tingkatkan kualitas service untuk semua konsumen setia,” kata Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys.

Smartfren menyaksikan jika tingkat pemakaian internet dalam masyarakat makin bertambah semenjak wabah menempa.

Baca juga : Honor V40 bakal menjadi hp dengan sample rate paling tinggi

Kesempatan kali ini akan digunakan untuk jadi besar frekwensi jaringannya, supaya warga bisa lakukan aktivitas online,

seperti video konferensi dan streaming lebih konstan.

“Jika makin besar frekwensinya, kemampuan service dapat dinaikkan, internet bertambah cepat,

lebih nikmat digunakan, lebih efektif dari segi ongkos investasinya,” tutur Merzha.

Berkaitan konektivitas 5G, Smartfren mengakui tehnologi perusahaannya siap untuk jaringan itu. Bukan hanya penyiapan jaringan,

Smartfren mempersiapkan ekosistem dan service 5G yang mempunyai potensi besar dipakai di hari esok baik untuk industri atau warga. Tetapi berkaitan konsentrasi pemakaian konektivitas 5G, Smartfren masih menanti studi selanjutnya, apa cuman untuk industri atau untuk warga (end-user) sekalian.

Awalnya, Smartfren sudah sukses lakukan trial 5G di Marunda, Jakarta Utara pada 2019 kemarin. Pada trial itu Smartfren sukses capai kecepatan 8,7 Gbps, dengan manfaatkan pita frekwensi 28 GHz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *